Laporan Rencana Workshop

PANITIA WORKSHOP PEMBERDAYAAN KELOMPOK KKG SD / MI DAN

MGMP SMP / MTs DAERAH TERPENCIL

KABUPATEN BURU

Sekretariat: SMP Neg. 2 Jiku Merasa

Nomor            :  01 / Pan- WPK / KKG-MGMP/ I / 2010

Lampiran       : 1 Bendel

Perihal           : Laporan Rencana Kegiatan Workshop

Kepada

Yth. Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan

Kabupaten Buru

Di- Namlea

Dengan hormat,

Menindak lanjuti hasil rapat koordinasi lintas KKG /MGMP Kabupaten Buru pada tanggal 31 Januari 2010 serta  program kerja masing – masing KKG / MGMP Kabupaten Buru, Semester Genap Tahun Pelajaran 2009 / 2010, maka bersama ini kami menyampaikan Laporan Pelaksanaan Kegiatan Workshop dimaksud.

Demikian untuk diketahui dan atas perhatian Bapak Kami ucapakan terima kasih.

Jikumerasa, 04 Februari 2010

Panitia Pelaksana Workshop

Ketua                                                                                             Sekretaris

S. Kelrey, SE La Endo

Tembusan Disampaikan Kepada Yth:

  1. 1. Kepala UPT Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan

Kec. Namlea Di- Namlea

  1. 2. Kepala UPT Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan

Kec. Air Buaya Di- Air Buaya

  1. 3. Kepala UPT Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan

Kec. Waplau Di- Waplau

  1. 4. Kepala UPT Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan

Kec. Batabual  Di- Ilath

LAPORAN

WORKSHOP PEMBERDAYAAN KELOMPOK KKG SD / MI DAN MGMP SMP / MTs

DAERAH TERPENCIL

KABUPATEN BURU
TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

A. Nama Kegiatan:
Workshop Pemberdayaan Kelompok MGMP SMP  / KKG Daerah Terpencil Kabupaten Buru

B. Latar Belakang
MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) merupakan forum musyawarah dan komunikasi guru mata pelajaran sejenis untuk memecahkan berbagai persoalan yang yang berkaitan dengan tugas-tugas profesional sehari-hari. Demikian halnya KKG ( Kelompok kerja Guru ) merupakan forum kerja guru para guru kelas yang berfungsi memcahkan berbagai persoalan menyangkut tugas – tugas profesionalisme guru lintas sekolah .Melalui kelompk  MGMP dan KKG diharapkan dapat saling berbagi pengalaman dalam menyikapi berbagai kebijakan pemerintah terkini dalam usaha peningkatan mutu pembelajaran.

Meskipun demikian, keberadaan MGMP SMP dan KKG Daerah terpencil   Kabupaten Buru  selama ini dinilai belum memenuhi harapan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan peran masing – masing MGMP dan KKG belum optimal. Selain manajemen MGMP dan KKG  yang belum tertata, program kegiatan yang kurang menarik, dana pendukung operasional MGMP dan KKG  yang kurang memadai; dan rendahnya kesadaran berorganisasi serta masih mahalnya koneksi internet dalam mencari informasi dan referensi bahan ajar di internet; juga masih belum banyak aksi pengembangan dan pemberdayaan MGMP / KKG dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran yang bisa memberikan nilai tambah terhadap peningkatan mutu pendidikan nasional.

Dalam konteks demikian, perlu ada upaya konkret agar peran MGMPdan KKG  dalam ikut berkiprah meningkatkan profesionalisme guru mata pelajaran dan guru kelas menjadi lebih berdaya. Salah satu upaya tersebut adalah kegiatan “ Workshop MGMP SMP / KKG daerah terpencil yang berusaha mengajak rekan-rekan sejawat agar secara kolektif mampu meningkatkan kinerja dan perannya dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, baik di tingkat lokal maupun nasional. Dengan kata lain, program pemberdayaan MGMP /KKG merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan profesional guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran. Dengan meningkatnya kemampuan guru, diharapkan akan meningkat pula mutu pembelajaran sehingga mampu memberikan imbas positif terhadap peningkatan mutu pendidikan nasional.

C. Tujuan
1. Umum
Program Workshop pemberdayaan MGMP SMP / KKG Daerah terpencil Kab. Buru bertujuan untuk memberdayakan MGMP dan KKG dalam usaha meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru, yang mencakup: kemampuan dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; kemampuan memecahkan berbagai masalah yang dihadapi dalam melaksanakan tugas profesional sebagai guru; dan kemampuan dalam mengelola kegiatan belajar mengajar sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku.

2.Khusus

Tujuan khusus program ini dapat dijabarkan sebagai berikut:

a)         Meningkatkan kemampuan dalam mengatasi masalah-masalah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis CTL;

b)        Meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan model-model pembelajaran yang kreatif, inovatif, efektif, menarik, dan menyenangkan;

c)         Meningkatkan kesadaran akan pentingnya berorganisasi sesama profesi

d)       Meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan media pembelajaran yang sesuai, menarik, dan menyenangkan; yang berbasis ICT

e)        Mengenal dan mengaplikasikan pendekatan berbasis lesson study agar mampu menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan;

f)          Meningkatkan kemampuan guru dalam mengakses informasi dan bahan ajar melalui internet.

D. Sasaran

  1. Sasaran program pemberdayaan Kelompok MGMP SMP / KKG daerah terpencil Kab. Tahun Pelajaran 2009/2010 adalah guru mata pelajaran UN SMP / MTs ( Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia , IPA dan Matematika)  serta Para Guru Kelas yang tergabung dalam beberapa gugus KKG Kecamatan Kab. Buru  ( KKG Gugus I.a ; KKG Gugus I.b;  KKG Gugus Batabual; KKG Gugus II.a ; yang meliputi Kecamatan Namlea,Kecamatan batabual, Kecamatan Air Buaya dan Kecamatan Waplau )  sebanyak 104 orang yang terbagi 6 MGMP SMP dan 7 KKG .
  2. Program kegiatan diarahkan untuk meningkatan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.

E. Hasil yang Diharapkan
Kegiatan pemberdayaan KKG / MGMP SMP Kabupaten Buru ini diharapkan membawa hasil sebagai berikut:
1. Hasil kegiatan:

a)      Meningkatnya kemampuan guru dalam mengatasi masalah-masalah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis CTL;

b)     Meningkatnya kemampuan guru dalam mengembangkan model-model pembelajaran yang kreatif, inovatif, efektif, menarik, dan menyenangkan;

c)      Meningkatnya kesadaran dan motivasi guru dalm berorganisasi dalam wadah MGMP SMP Dan KKG;

d)     Meningkatnya kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang sesuai, menarik, dan menyenangkan;

e)      Guru mampu mengenal dan mengaplikasikan pendekatan berbasis lesson study agar mampu menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan;

f)       Meningkatnya kemampuan guru dalam mengakses informasi dan bahan ajar melalui internet.

2.Produk Kegiatan Workshop :

  1. Rekap hasil identifikasi permasalahan KBM
  2. Model-model pembelajaran yang kreatif, inovatif dan Menyenangkan  ( Lesson Study ).
  3. Weblog Masing – Masing MGMP dan KKG

F. Manfaat

1. Bagi Siswa
Berkesempatan mengikuti pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, dan bermutu sesuai dengan standar nasional pendidikan.

2. Bagi Guru
Berkesempatan meningkatkan kompetensinya sesuai dengan standar nasional mutu pendidikan.

3. Bagi Sekolah
Memiliki guru-guru yang profesional dan mampu meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah sesuai dengan standar nasional mutu pendidikan.

4. Bagi Organsisasi MGMP Dan KKG
Berkesempatan memberdayakan guru-guru di sekolah melalui berbagai kegiatan sehingga dapat mewujudkan guru-guru yang kompeten, profesional, dan mampu meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah sesuai standar nasional pendidikan.

5. Bagi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buru
Memiliki guru-guru yang profesional dan memiliki kompetensi dalam meningkatkan mutu pembelajaran sesuai standar nasional pendidikan.

6. Bagi Pemerintah Kabupaten Buru
Memiliki guru-guru yang profesional dan memiliki kompetensi dalam meningkatkan mutu pembelajaran sesuai standar nasional pendidikan.

7. Bagi Pemerintah Pusat

a.Memiliki guru-guru yang kompeten, profesional, dan mampu meningkatkan mutu pembelajaran sesuai dengan standar nasional pendidikan.

b.Terjadi peningkatan mutu layanan pendidikan nasional.

c.Terjadinya peningkatan mutu pendidikan nasional.

G. Tempat dan Waktu Kegiatan Workshop:
Workshop di rencanakan berlangsung di dua tempat yakni di Gedung Serba Guna SMP Neg.2 Jikumerasa (tanggal 08 februari  s.d.09 Februari 2010 ). Dan di gedung Serba Guna SD Inpres Karang Jaya  ( Tanggal 10 s.d. 11 Februari 2010 )

H. Peserta:
Workshop diikuti oleh 104 peserta yang terdiri dari Peserta KKG sebanyak 54 peserta Dan peserta MGMP SMP sebanyak 50 Peserta

I. Narasumber:
Narasumber Workshop pemberdayaan adalah para Fasilitator  yang dinyatakan telah layak untuk menyampaikan materi sesuai program  dengan dibantu oleh beberapa narasumber dari Kelompok MGMPdan KKG

BAB II
RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN

A. Jenis Program, Tujuan dan Kegiatan

Dalam Workshop Kelompok MGMP dan KKG kali ini kami merencanakan jenis program sesuai dengan harapan kami yaitupara  guru mampu menciptakan model pembelajaran  ( PBM )yang Paikem yaitu Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) melalui Struktur program :

1. Kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Buru

2. Kesadaran Berorganisasi  ( MGMP / KKG )

3. Media Pembelajaran

4. Model – Model Pembelajaran

5. Model Pembelajaran Lesson Study

6. Pengembangan Sumber Belajar Berbasis ICT

7. Membuat Weblog MGMP / KKG

8. Peer – Teaching
Tujuan Dari Program dimaksud adalah :

  1. Peserta memahami kebijakan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Buru.
  2. Peserta Workshop dapat memiliki motivasi yang tinggi untuk berorganisasi lewat Wadah MGMP / KKG.
  3. Peserta Workshop dapat meggunakan media/ Alat bantu pembelajaran Elektronik.
  4. Peserta Workshop dapat menambah Wawasan baru tentang model – model pembelajaran.
  5. Peserta dapat menerapakan model pembelajaran  “ Lesson Study “ di sekolah masing – masing.
  6. Peserta workshop dapat mencari sumber – sumber atau referensi materi ajar melalui internet.
  7. Peserta workshop  dapat membuat weblog masing – masing MGMP / KKG.
    1. Peserta workshop dapat melaksanakan open class dan saling merefleksi dalam  proses peer teaching.

B. STRUKTUR PROGRAM KEGIATAN

NO PROGRAM MATERI KAJIAN JP
1 UMUM 1. Kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Buru dan Pembukaan

2. Kesadaran Berorganisasi MGMP / KKG

2

2

2 POKOK
  1. Media Pembelajaran
  2. Model – Model Pembelajaran
  3. Model Pembelajaran Lesson Study
  4. Pengembangan Sumber Belajar Berbasis ICT
  5. Membuat Weblog MGMP / KKG
  6. Peer – Teaching
4

4

6

4

6

6

Jumlah 32

C. JADWAL KEGIATAN

Hari/ Tgl

Waktu

Sabtu Minggu Senin Selasa
06/02/10 07/02/10 08/02/10 09/02/10
06.00 WIB Persiapan
07.00 – 07.45 WIB Snack Pagi
08.00 – 09.00 WIB Pembukaan –  Kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Buru

( Tim Dinas P&K )

model-model pembelajaran

( Fasilitator Kab. Buru )

Pengembangan Sumber Belajar Berbasis ICT ( Tim ICT MGMP Kab. Buru ) Peer – Teaching

( Fasilitator Kab. Buru )

09.00 – 10.00 WIB sda sda Membuat Weblog MGMP / KKG

( Tim ICT MGMP Kab. Buru )

sda
10.00 – 12.00 WIB Kesadaran Berorganisasi MGMP / KKG Model Pembelajaran Lesson Study

( Fasilitator Kab. Buru )

sda sda
12.00 – 12.30 WIB Makan Siang Makan Siang Makan Siang Makan Siang
13.30 – 14.30 WIB sda sda sda Open Class

( Fasilitator Kab. Buru )

14.30 – 15.00 WIB Snack Sore Snack Sore Snack Sore Snack Sore
15.00 – 17.00 WIB Media Pembelajaran sda sda sda
17.00 – 18.00 WIB sda Pengembangan Sumber Belajar Berbasis ICT ( Tim ICT MGMP Kab. Buru ) sda sda
Pemateri :  1. Tim Dinas P & K.  Kab. Buru

2. Baim Umasugi  ( Fasilitator  Kab. Buru )

3. Ny. Dima Koen    ( Fasilitator  Kab. Buru )

4. Syamsuddin, S.Pd.  ( Tim ICT MGMP B. Inggris Kec. Namlea )

D.STRUKTUR PANITIA PELAKSANA KEGIATAN

STRUKTUR PANITIA PELAKSANA KEGIATAN

Penanggung Jawab  :  La DJainudin Buton, S.Pd ( Kepala SMP Neg. 2 Jiku merasa )

Kordinator                : Syamsuddin, S.Pd

Ketua                         : Sahrudin Kelrey

Sekretaris                  : La Endo, S.Pd

Bendahara                 : Siti Komariah,S.Pd

Fasilitator/ nara sumber/Pemandu :
1. Drs.Hamid Banda                ( Nara Sumber Dinas P & K Kab. Buru  )
2.  La Igu, S.Pd                         ( Nara Sumber ; KKG Kec. Namlea  )

3. Ny. Dima Koen                    ( Nara Sumber ; SMP Kec. Namlea  )
4. Syamsuddin, S.Pd                (Pemandu ICT MGMP / KKG Kab. Buru  )

  • Seksi   Acara

Ketua                                       :  Baim Renel, S.Pd

Anggota                                  :  La Agu Tambunaloko, S.Pd

:  La Riku Buton

  • Seksi  Komsumsi

Ketua                                       :  Nurjannah Kabau

Anggota                                  :  Alwi Kille, S.Pd

:  Nini Alfiah Musli

  • Seksi Publikasi /  Pelaporan

Ketua                                       :  La Igu, S.Pd

Anggota                                  :  Yance Hukunala

:  Ruhani

BAB IV
PENUTUP.

A. Kesimpulan

1. Dengan adanya workshop kelompok  MGMP / KKG Kab. Buru  ini daiharapkan dapat mewujudkan guru- guru maple dan guru – guru kelas  yang kompeten, kolaboratif, produktif, kreatif, inovatif, dan profesional untuk meningkatkan mutu pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.

2. Dengan Workshop Kelompok MGMP / KKG  ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada masing – masing sekolah peserta workshop.

B. Saran

1.  Agar para guru Mapel UN dan Guru kelas    sudah saatnya untuk berkompetesi profesionalismenya sehingga kemampuan guru selalu terus ter-up – grade seiring dengan perkembangan ilmu dan tekonologi. Sehingga tercipta suasana pembelajaran yang sangat menyenangkan maka perlu mengembangkan diri ,tukar informasi, menggali pengetahuan lewat kegiatan workshop seperti ini.

Jikumerasa, 01 Februari 2010

Panitia Pelaksana Workshop Kelompok KKG / MGMP SMP / MTs Daerah Terpencil

Kabupaten Buru

Ketua                                                                                      Sekretaris,

Sahrudin Kelrey                                                                     La Endo, S.Pd

Nip: 131 910 519                                                                         Nip : 132 114 996

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMP Neg. 2 Jikumerasa

La Djaenudin Buton, S.Pd

Nip.197011201998031005

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: