Kegiatan pendampingan ICT

LAPORAN

PELAKSANAAN PROGRAM PELATIHAN

PENDAMPINGAN PARTICIPANT TEACHER PEMANFAATAN ICT  BAGI KELOMPOK KKG / MGMP SMP/MTs DAERAH TERPENCIL


KELOMPOK KKG / MGMP  SMP/ MTs

KABUPATEN BURU

TAHUN 2009

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena rahmatnya sehingga dapat terlaksana kegiatan Pelatihan Pendampingan Pemanfaatan ICT-KKG/MGMP untuk Participant Teacher di Pada kelompok MGMP/ KKG, guna meningkatkan kualitas pendidikan bagi bangsa Indonesia pada umumnya dan khususnya kabupaten Buru, melalui program peningkatan mutu guru dalam penguasaan IPTEK dan pemanfaatan media pembelajaran.

Program ini lebih berorientasi pada pemberdayaan KKG/MGMP yang merupakan wadah dalam menampung kegiatan guru sesama bidang studi dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya di kelas secara berkesinambungan, saling mencurahkan gagasan / ide dalam mendesain model pembelajaran, merancang strategi dalam mengimplementasikan berbagai program peningkatan mutu yang dapat memotivasi guru untuk mengembangkan diri.

Mengingat begitu strategisnya peran KKG/MGMP bagi peningkatan mutu guru, maka program yang berbasis TIK ini diharapkan mampu meningkatkan jumlah guru yang menggunakan TIK dalam membantu siswa untuk belajar konsep bidang studi secara lebih mendalam.

Dalam kegiatan Pelatihan Pendampingan Participant Teacher ini kami berharap semua guru di kelompok MGMP / KKG kabupaten Buru dapat menguasai dan mampu menerapkan IPTEK, sehingga proses pembelajaran dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

Dan pada akhirnya, kami selaku penyusun laporan kegiatan Pelatihan Pendampingan Participant Teacher KKG/MGMP SMP Kabupaten Buru ini dapat kami laksanakan dengan baik berkat kerjasama pimpinan sekolah dan para Ketua MGMP / KKG Kabupaten Buru.

Karang Jaya, 30 Desember 2009

Panitia Pelaksana,

BAB I

PENDAHULUAN

  1. A. Latar Belakang

Seiring dengan era kemajuan dan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) menuntut pada semua guru atau tenaga pendidik untuk tanggap terhadap perkembangan tersebut. Saat ini sangat memprihatinkan sekali masih banyak guru yang belum mengenal bahkan menguasai teknologi khususnya komputer apalagi memanfaatkannya.Untuk itu dirasa perlu kegiatan Pelatihan Pendampingan Participant Teacher KKG/MGMP di Kabupaten Buru, sehingga guru dapat menguasai dan memanfaatkan IPTEK menuju pembelajaran yang efektif dan efisien dengan memanfaatkan Media Teknologi Pembelajaran dalam proses belajar mengajar.

Sementara itu dalam Cetak Biru ( Blue Print ) Pendidikan Nasional Indonesia tahun 2005 – 2015 pemerintah melalui kementrian pendidikan terus memotivasi para guru sebagi ujung tombak perubahan untuk terus meningkatkan profesionalismenya melaui program pengembangan profesionalisme berkelanjutan ( Continuing professional development ). Maka kehadiran KKG / MGMP sebagai organisasi tempat berkecimpungnya para guru untuk mengasah profesionalisme perlu untuk diberikan support baik berupa materiil maupun non materiil.

B. Permasalahan

Dari latar belakang masalah yang diuraikan di atas maka dapat diidentifikasi masalah sebagai berikut :

1. Banyaknya guru yang belum mengenal komputer dalam proses pembelajaran.

2. Banyaknya guru yang belum memanfaatkan komputer dalam proses pembelajaran.

3. Banyaknya sekolah yang belum memiliki sarana dan prasarana Teknologi khususnya komputer.

4. Kurangnya kesadaran guru dalam mengembangkan diri pada bidang Teknologi khususnya komputer.

C. Nama Kegiatn

Jenis Kegiatan yang akan dilaksanakan adalah ” Diklat Pendampingan Pemanfaatan ICT-KKG/MGMP Untuk Participant Teacher KKG/  MGMP SMP Kabupaten Buru .

D. Manfaat Kegiatan

Manfaat utama program Pelatihan Pendampingan Pemanfaatan ICT-KKG/MGMP Untuk Participant Teacher KKG / MGMP Kabupaten Buru ini adalah untuk menciptakan suatu sistem KKG/MGMP yang mampu memberdayakan diri secara bertahap dengan mandiri sebagai wadah guru dalam melaksanakan tugasnya guna mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,ahlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara dengan dukungan TIK yang memadai.Hasil Yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah :

1. Guru mampu dan menguasai teknologi khususnya komputer dalam pelaksanaan proses belajar mengajar.

2. Guru Mampu dan menguasai Internet sebagai sarana informasi pendidikan dalam pelaksanaan proses belajara mengajar.

3. Guru Mampu memanfaatkan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar.

E. Sasaran

Sasaran dari program Pelatihan Pendampingan Pemanfaatan ICT-KKG/MGMP SMP Untuk Participant Teacher KKG / MGMP SMP Kabupaten Buru ini adalah Para  guru bidang studi UN dan Guru kelas  Pada Kelompok KKG / MGMP SMP/MTs  Kecamatan Namlea, Kecamatan Batabual dan Kecamatan Waeapo Kabupaten Buru di mana pelatihan ini dilaksakan dalam dua tahap :

F. Tempat dan Waktu Kegiatan:
Kegiatan pelatihan berlangsung di SD Inpres Karang Jaya dimana Pelatihan Pendampingan Participant Teacher ini dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu:

  1. Tahap Pertama dilaksanakan pada tanggal 14 s.d. 17 Desember 2009 yang diikuti 4 Gugus KKG  dan 4 Kelompok MGMP SMP /MTs yakni : .
    1. Gugus KKG: 1. KKG gugus I.a; 2. KKG gugus II.a; 3. KKG gugus I.b; dan 4. KKG gugus  Ilath Batabual.
    2. MGMP        : 1. MGMP SMP Bahasa Inggris Kec. Namlea.;  2. MGMP SMP Bahasa Indonesia Kec. Namlea; 3. MGMP SMP Matematika Kec. Namlea; 4. MGMP IPA Kec. Namlea

2.   Tahap Kedua di laksanakan pada tanggal 27 s.d. 30 Desember 2009 yang diikuti oleh  6 gugus KKG dan  7 Kelompok MGMP SMP/ MTs yakni:

  1. a.  Gugus KKG : 1. KKG gugus I.a; 2. KKG gugus II.a; 3. KKG gugus I.b; 4. KKG gugus  Ilath Batabual; 5. KKG gugus Debowae; 6. KKG gugus Sanleko.
  2. MGMP        : 1. MGMP SMP Bahasa Inggris Kec. Namlea.;  2. MGMP SMP Bahasa Indonesia Kec. Namlea; 3. MGMP SMP Matematika Kec. Namlea; 4. MGMP IPA Kec. Namlea;  5. MGMP Matematika Kec. Waeapo; 6. MGMP Bahasa Inggris  Kec. Waeapo ; 7. MGMP Bahasa Inggris Kec. Waplau.

G. Peserta:

1. Kegiatan Pelatihan Tahap I terdiri dari 70 Peserta yang merupakan Pengurus Inti KKG ditambah  masing – masing 3 – 4 orang guru pendamping peserta dari sekolah imbas bagi gugus KKG sedangkan kelompok MGMP terdiri dari 3 pengurus Inti ditambah 3 –  5  orang guru mata pelajaran  dari sekolah anggota.

2. Kegiatan Pelatihan Tahap II terdiri dari 25  Peserta yang merupakan Pengurus Inti gugus KKG yang pernah mengikuti Pelatihan pembekalan dan penyerahan Alat ICT di LPMP Provinsi Maluku yang diharapkan menjadi guru pembias ( Master teacher di KKG gugus masing – masing )   serta pengurus inti MGMP SMP / MTs yang pernah mengikuti pelatihan yang sama seperti pengurus KKG di Ambon  yang juga diharapkan menjadi Master Teacher setelah mengikuti Diklat ini.
H. Nara sumber / Pemateri :
Narasumber dari kedua tahap Pelatihan ini adalah :

  1. Pada Tahap I : Nara sumber Tim ICT Kabupaten Buru( Syamsuddin,S.Pd+ Sairudin La Biru,S.Pd ) + Pendampingan Tim dari  LPMP Provinsi  pada hari ketiga.
  2. Pada Tahap II  : Nara sumber Tim ICT Kabupaten Buru( Syamsuddin,S.Pd  ) + Nara Sumber dari Tim Fasilitator  ICT   LPMP Provinsi    Maluku.

I.Sumber Dana:

Sumber Dana dari kegiatan ini  baik Kegiatan Tahap I maupun Kegiatan Tahap II berasal dari Dana  Block Grant  Pengembangan KKG / MGMP SMP / MTs daerah Terpencil tahun 2009.

BAB II

IMPLEMENTASI KEGIATAN

A. Microsoft Word

Microsoft Word adalah program yang digunakan untuk mengolah kata atau teks.

Dalam Pelatihan pendampingan Pemanfaatan ICT-KKG/MGMP Untuk Participant Teacher KKG / MGMP SMP Kab. Buru  ini akan disampaikan materi al :

a. Membuat Naskah soal

b. Membuat Sertifikat

c. Membuat Tata Tertib Kelas

B. Microsoft Exell

Microsoft Exell adalah program yang digunakan untuk mengolah angka atau keuangan.

Dalam Pelatihan Pemanfaatan ICT-KKG/MGMP Untuk Participant Teacher KKG / MGMP SMP Kab. Buru  ini akan disampaikan materi al :

a. Membuat Daftar Nilai

b. Membuat Denah Tempat Duduk Siswa

c. Membuat Grafik

d. Membuat Inventaris Kelas

C. Microsoft Power Point

Microsoft Power Point adalah program yang digunakan untuk presentasi; seminar, pelatihan, penataran, raker,simposium, proses belajar mengajar dll.

Dalam Pelatihan Pendampingan Pemanfaatan ICT-KKG/MGMP Untuk Participant Teacher KKG / MGMP SMP Kab. Buru  ini materi yang disampaikan antara lain  :

a. Membuat Bahan Presentasi Bahan Ajar (Kurikulum)

b. Membuat Bahan Presentasi Denah Kelas

c. Membuat Tata Tertib Kelas

D. Internet

Internet adalah suatu program yang digunakan untuk menjelajah dunia maya ; chating, download lagu, download gambar, download berita, kirim E-mail dll

Dalam Pelatihan Pendampingan Pemanfaatan ICT-KKG/MGMP Untuk Participant Teacher KKG / MGMP SMP Kab. Buru  ini materi yang disampaikan al :

a. Membuat E-mail di Yahoo

b. Mengirim E-mail di Yahoo

c. Bergabung di Milis guru “ gettingstarted course di http // yahoogroups.com.

E. Intro. To Lesson Study.

Lesson study adalah suatu model pembelajaran dimana guru bekerjasama untuk mengatasi atau menganalisa permasalahan dalam proses pembelajaran di kelas.

Dalam pelatihan Pendampingan Pemanfaatan ICT-KKG/MGMP Untuk Participant Teacher KKG / MGMP SMP Kab. Buru  telah disampaikan materi pengenalan model pembelajaran Lesson Study yang mana diprogramkan akan disampaikan dalam peer – teaching pertemuan lanjutan.

BAB III

PENUTUP

  1. Kesimpulan

Dengan adanya kegiatan Pelatihan Participant Teacher kami merasa sangat bangga karena banyak guru yang belum tahu dan mengerti manfaat dan pentingnya mempelajari komputer. Apalagi guru-guru di daerah banyak yang belum mengenal tentang ICT dan dengan kegiatan tersebut guru-guru sangat merasakan begitu besar manfaat mempelajari komputer untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar. Dengan kegiatan yang sangat singkat ini sangat berarti bagi guru meskipun dirasakan tidak puas akan keingintahuannya. Guru-guru mulai senang dan berusaha maksimal akan pentingnya mempelajari teknologi terutama tentang computer dan internet.

  1. Rekomendasi
  2. Di harapkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Buru melalui Dinas pendidikan Kabupaten Buru mengupayakan bantuan  Laptop bagi guru minimal satu sekolah 3 Laptop sehingga  para guru tidak terlampau jauh tertinggal melek teknologi computer sehingga dapat meningkatkan kreatifitas, inovasi serta pengembangan profesionalismenya sebagai pilar utama dalam mercedaskan kehidupan bangsa.
  3. Di harapkan kepada lembaga – lembaga atau instansi – instansi Pendidikan di Kabupaten Buru mendukung Pelatihan – pelatihan dalam meningkatkan profesionalime guru. Karena bukankah kita semua akan menjadi tokoh pembaharu dan sumber keteladan yang diharapkan oleh segenap masyarakat bangsa.

Karang Jaya, 31 Desember 2009

Panitia  Pelaksana Pelatihan kelompok KKG / MGMP SMP / MTs Kab. Buru

Ketua                                                                                             Sekretaris,

L A  I  G  U, S.Pd SYAMSUDDIN, S.Pd

Nip. 196904101989121002 Nip. 197723082003121005

Lampiran : 02

Dokumentasi  Kegiatan Pelatihan Tahap I ( 14 – 17 Des 2009 )

Lampiran 03:

DOKUMENTASI KEGIATAN TAHAP II ( 27 – 30  Des 2009 )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: