LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN DANA BLOCK GRANT PEMBERDAYAAN MGMP BAHASA INGGRIS

LAPORAN KEUANGAN

KEGIATAN PEMBERDAYAAN

MGMP SMP/MTs BAHASA INGGRIS TAHAP I

KEC. NAMLEA KABUPATEN BURU

Disusun Oleh:

MGMP BAHASA INGGRIS KEC. NAMLEA

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

KABUPATEN BURU

TAHUN 2009

DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN  ………………………………………………………………………               i

KATA PENGANTAR  ………………………………………………………………………………             ii

DAFTAR ISI …………………………………………………………………………………………….            iii

BAB I PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang……………………………………………………………………………………           1
    1. Tujuan  …………………………… ……………………………………………………………….          2
    2. Hasil yang Diharapkan ……………………………………………………………………….           2
    3. Sasaran ……………………………………………………………………………………………..          2
    4. Manfaat  ……………………………………………………………………………………………          2

BAB II DESKRIPSI PELAKSANAAN KEGIATAN

  1. Rencana Kegiatan    ……………………………………………………………………………..         3
  2. Pelaksanaan Kegiatan  ………………………………………………………………………….         3
  3. Penggunaan Dana ………………………………………………………………………………….       5
  4. Permasalahan ………………………………………………………………………………………..       6
  5. Upaya Pemecahan Masalah……………………………………………………………………..       6

BAB III  HASIL PELAKSANAAN KEGIATAN

Hasil pelaksanaan kegiatan     …………………………………………………………………..            7

BAB IV RANGKUMAN HASIL EVALUASI MANDIRI  …………………………                    8

BAB V KESIMPULAN DAN REKOMENDASI  ……………………………………….                  10

LAMPIRAN-LAMPIRAN

  1. Dokumen-dokumen kegiatan
  2. Dokumen pertanggungjawaban keuangan Tahun I Tahap I tahun pel. 2009/2010

PENGESAHAN

Judul Kegiatan :

LAPORAN KEGIATAN DAN

PENGGUNAAN DANA  BLOCKGRANT DAERAH TERPENCIL TAHAP I

MGMP BAHASA INGGRIS

Nama MGMP                        : MGMP BAHASA INGGRIS SMP / MTs  KEC. NAMLEA

Kecamatan                             : NAMLEA

Kabupaten                              : BURU

Provinsi                                    : MALUKU

Tahun                                       : 2009/2010

Ketua                                        : SYAMSUDDIN, S. Pd.

Bendahara                              : SYAENUDDIN, S.Pd

Sekretaris                                : LA ATA, S. Pd.

Alamat Sekolah Inti             : SMP NEGERI KARANG JAYA

Jln. Desa Karang Jaya, lr. Kayu Putih, Desa karang Jaya, Kec. Namlea, Kab. Buru

Telepon                                   : 081343007485

e – Mail                                    : srukuwa@yahoo.co.id

Karang Jaya, 15 Desember 2009

Mengetahui ,                                                                                            Ketua MGMP Bahasa Inggris

Plt. Kepala Dinas Pendidikan  dan Kebudayaan                                          Kec. Namlea

Kabupaten Buru                                                                                          Kabupaten  Buru

A.M. Padang, S.Sos                                                                                     Syamsuddin, S.Pd

Pembina                                                                                                        Nip: 197708232003121005

Nip: 196012051985031012

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Rasionalitas

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen memprasyaratkan agar seorang guru memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Hal itu juga ditunjang oleh Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 16 tahun 2007 tentang Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan mengharuskan guru mencapai kualifikasi pendidikan minimal S1 atau D4.  Namun pada kenyataannya masih banyak guru yang belum memenuhi standar minimal kualifikasi pendidikan dan kompetensi yang dipersyaratkan. Kondisi tersebut banyak dialami oleh berbagai guru mata pelajaran di tiap-tiap jenjang pendidikan termasuk di dalamnya guru-guru mata pelajaran Bahasa Inggris.

Selain gambaran kondisi guru di atas, masih terdapat guru di setiap jenjang pendidikan yang tidak memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan pelajaran yang diampunya (Miss Macth). Kondisi seperti ini tentu memerlukan strategi khusus agar kualitas pembelajaran pada umumnya dan pelajaran Bahasa Inggris khususnya di kelas memenuhi standar proses serta out put/lulusan memiliki standar kompetensi lulusan yang memadai.

Kenyataan di atas  sangat  menentukan  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial,  dan kompetensi profesional guru. Akibatnya, banyak guru Bahasa Inggris yang secara pedagogik belum  pandai mengelola pembelajaran. Tingkat pemahaman terhadap peserta didik masih rendah. Kemampuan merancang dan melaksanakan pembelajaran tidak optimal. Akibatnya, hasil belajar tidak mencapai KKM. Hal itu ditandai dengan maraknya guru yang melaksanakan program remedial. Dampak  selanjutnya,  pengembangan potensi peserta didik tidak optimal.

Pendidik dalam hal ini guru Bahasa Inggis  juga mengalami kesulitan untuk berkomunikasi dalam rangka meningkatkan kompetensinya. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal yaitu : hambatan transportasi, keterbatasan informasi, jumlah dan sebaran sekolah, jumlah dan sebaran guru, serta ketersediaan dan keterbatasan penggunaan ilmu pengetahuan teknologi.

Kondisi diatas diperparah lagi oleh masih banyaknya para pendidik khususnya di Kabupaten Buru yang belum menguasai bahkan belum mengenal peralatan teknologi komputer dan Internet, untuk itu peran MGMP dan LPMP sebagai penjamin mutu pendidikan dan MGMP yang diharapkan dapat mengatasi persoalan – persoalan pembelajaran di daerah – daerah yang belum melek Teknologi sangat diharapkan sehingga pemanfaatan Tekologi komputer dan Internet dapat membantu para pendidik khususnya guru Bahasa bahasa Inggris kec. Namlea dalam meningkatkan profesionalismenya.

  1. Tujuan Program

Berdasarkan uraian di atas, kegiatan MGMP Bahasa Inggris SMP / MTs Kec. Namlea bertujuan untuk:

1)      Meningkatkan kemampuan Guru peserta MGMP Bahasa Inggris dalam menguasai dan menggunakan perangkat ICT dalam proses Pembelajaran

2)      Mendesiminasikan kompetensi profesional dan didaktik guru Bahasa Inggris sebagai upaya perbaikan kinerja guru

3)       Memusyawarahkan problematika pembelajaran yang dihadapi guru Bahasa Inggris untuk dapat ditemukan solusinya.

4)      Melaksanakan pembelajaran kreatif, inovatif dan menyenangkan yang berbasis ICT.

  1. C. Hasil Yang Diharapkan

1)      Tersedianya peserta guru Bahasa Inggris yang mampu mengoperasikan komputer dan memanfaatkan internet sebagai media pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menyenangkan

2)      Terdesiminasinya kompetensi profesional dan didaktik guru Bahasa Inggris  sebagai upaya perbaikan kinerja guru

3)      Terminimalisasinya problematika pembelajaran yang dihadapi guru Bahasa Inggris.

4)      Terciptanya suasana PBM di kelas yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan yang berbasis ICT.

  1. Sasaran
  1. Sebanyak 40% guru Bahasa Inggris  SMP / MTs Kecamatan Namlea dapat menguasai komputer dan internet serta memiliki kompetensi profesional dan didaktik yang memadai sehingga memperbaiki kinerja guru.
  2. Sebanyak 50 % problematika pembelajaran yang dihadapi guru dapat ditemukan solusinya, sehingga akan meningkatkan mutu dan hasil pembelajaran dikelas
  3. Sebanyak 50 % guru bahasa Inggris SMP / Mts Kec. Namlea, Kabupaten Buru dapat memanfaatkan teknologi Komputer dan internet dalam merancang program pembelajaran dan materi ajar yang dikembangkan berbasis ICT sehingga tercapai proses pembelajaran yang efektif, kreatif, inovatif dan menyenangkan.
  1. Manfaat

1)      Peningkatan profesionalisme  Guru Bahasa Inggris  peserta MGMP yang berbasis ICT

2)      Adanya peningkatan kualitas pedagogik, profesional, sosial, dan pribadi guru peserta MGMP Bahasa Inggris

3)      Problematika pembelajaran Bahasa Inggris  dapat ditemukan pemecahannya

4)      Pembelajaran Bahasa Inggris di kelas lebih bervariasi dan bermakna.

5)      Siswa dapat mencapai perkembangan kompetensi secara optimal

6)      Kelas terkelola dengan optimal

7)      Tumbuh dan berkembangnya iklim kompetisi yang sehat di sekolah

8)      meningkatkan profesionalisme guru Bahasa Inggris  melalui MGMP Bahasa Inggris Kec. Namlea

9)      Meningkatkan kualitas kinerja pengurus baik itu administratif maupun praktisnya.

BAB II

PELAKSANAAN PROGRAM

  1. A. Rencana Kegiatan

Kegiatan MGMP Bahasa Inggris SMP / MTs Kec. Namlea direncanakan sebagai berikut:

  1. Inservis ( 4 x Pertemuan)
    1. Ketrampilan ICT

1. Kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Buru

2. Kecakapan Abad ke – 21

3. Dasar – Dasar Komputer dan Internet.

4. Aplikasi Pengolah Kata

5. Aplikasi Pengolah Angka

6. Aplikasi Multimedia ( Power Point )

7. Membuat e-mail

8. Browsing Internet

9. Peer – Coaching

  1. Kegiatan reguler ( 8 x Pertemuan)

1)   Rapat Koordinasi dan sosialisai program Pemberdayaan  MGMP Bahasa Inggris

2)   Rapat Konsolidasi Pengurus MGMP / KKG Kab. Buru

3)   Pembuatan Draft program Kerja

4)   Penyelarasan RPP Dan Silabus Bahasa Inggris SMP

5)   Pengimbasan hasil Diklat ICT kepada Anggota MGMP

6)   Pemanfaatan Perangkat ICT kepada anggota secara periodik

7)   Refleksi dan tindak lanjut Program Kerja MGMP

8)   Penyusunan Laporan

  1. B. Pelaksanaan Kegiatan
  1. 1. Tempat Kegiatan

Kegiatan MGMP Bahasa Inggris Kec. Namlea meliputi dua jenis kegiatan yakni kegiatan in-servis dan kegiatan reguler. Kegiatan ini menggunakan tempat sebagai berikut :

No. Kegiatan Tempat
1

2

Kegiatan in-servis

Kegiatan reguler

  1. Pertemuan ke-1, 2, 3,dan 4
  2. Pertemuan ke 5,6,dan 7
  3. Pertemuan ke 8
SD Inpres Karang Jaya

SMP Neg. Karang Jaya

SMP Neg. Jiku Merasa

SMP Neg. Karang Jaya

  1. 2. Waktu Pelaksanaan

Jadwal pelaksanaan kegiatan MGMP  Bahasa Inggris SMP / MTs  Kec. Namlea adalah sebagai berikut :

No. Kegiatan Waktu Pelaksanaan
Hari Tanggal Pukul
1 Kegiatan in-servis Senin – Rabu 14-17 Desember 2009 07.00 – 16.35 WIT
2 Kegiatan Reguler
  1. Pertemuan 1
Minggu 22 November 2009 13.25 – 17.00 WIT
  1. Pertemuan 2
Selasa 24 November 2009 13.25 – 17.00 WIT
  1. Pertemuan 3
Sabtu 28  November 2009 13.25 – 17.00 WIT
  1. Pertemuan 4
Senin 30 November 2009 06.30 – 13.00 WIT
  1. Pertemuan 5
Kamis 03  Desember 2009 13.25– 17.00 WIT
  1. Pertemuan 6
Kamis 10  Desember 2009 13.25– 17.00 WIT
  1. Pertemuan 7
Minggu 20  Desember 2009 06.30– 13.00 WIT
  1. Pertemuan 8
Minggu 27 Desember 2009 08.25 – 17.00 WIT

  1. 3. Materi Kegiatan

Kegiatan MGMP PRISMA pada semester ini adalah sebagai berikut :

No Jenis Kegiatan Materi Narasumber Metode Penyajian
1 In-servis
Hari pertama Pembukaan Kadis P dan K . Kab. Buru -
Kebijakan Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Kab. Buru Kadis P dan K . Kab. Buru Presentasi
Kecakapan Abad ke – 21 Sairudin Labiru, S.Pd ( MT Kab. Buru ) Presentasi dan tanya jawab
Dasar – Dasar Komputer Sairudin Labiru, S.Pd ( MT Kab. Buru ) Presentasi dan tanya jawab
Hari kedua Aplikasi Pengolah Kata Sairudin Labiru, S.Pd ( MT Kab. Buru ) Presentasi dan unjuk kerja
Aplikasi Pengolah angka Syamsuddin, S.Pd ( MT Kab. Buru ) Presentasi, unjuk kerja, tugas mandiri
Aplikasi Multimedia ( Power Point ) Sairudin Labiru, S.Pd ( MT Kab. Buru ) Presentasi dan pemodelan
Hari ketiga Internet Syamsuddin, S.Pd ( MT Kab. Buru ) Presentasi dan tanya jawab
Browsing Internet Syamsuddin, S.Pd ( MT Kab. Buru ) Unjuk kerja
Membuat E-mail  Di Yahoo Syamsuddin, S.Pd ( MT Kab. Buru ) Presentasi dan unjuk kerja
Hari keempat Peer – Coaching Raihan Maricar, ST ( Tim ICT LPMP Prov. Maluku Presentasi dan Unjuk Kerja
2 Reguler
Pertemuan 1 Rapat Pengurus Sosialisasi Program  Pemberdayaan MGMP Bahasa Inggris Syamsuddin, S.Pd. Presentasi, tanya jawab, Diskusi
Pertemuan 2 Rapat Konsolidasi Pengurus MGMP / KKG Kab. Buru Koordinator Keg. KKG / MGMP Kab. Buru Presentasi, tanya jawab, Diskusi
Pertemuan 3

Pembuatan Draft program Kerja

Syamsuddin, S.Pd. Presentasi, tanya jawab, Penugasan
Pertemuan 4 Penyelarasan RPP Dan Silabus Bahasa Inggris SMP Nunuk Indahwati, S.Pd Presentasi, tanya jawab, Penugasan
Pertemuan 5 Pengimbasan hasil Diklat ICT kepada Anggota MGMP Syamsuddin, S.Pd. Presentasi, tanya jawab, Penugasan
Pertemuan 6 Pemanfaatan Perangkat ICT kepada anggota secara periodik La Ata, S.Pd Presentasi, tanya jawab, Penugasan
Pertemuan 7 Refleksi dan tindak lanjut Program Kerja MGMP Syamsuddin, S.Pd.

Presentasi, tanya jawab

Pertemuan 8 Penyusunan Laporan La Ata, S.Pd -
  1. C. Penggunaan Dana
MGMP BAHASA INGGRIS SMP /MTs KEC. NAMLEA  KABUPATEN BURU
RINCIAN PENGGUNAAN DANA BLOCK GRANT MGMP SMP/MTs DAERAH TERPENCIL TAHAP I
( per 31  Desember 2009 )
No. Kegiatan Volume Satuan Satuan Biaya (Rp) Jumlah (Rp)
A. Inservis
1 Transport Narasumber / Pemateri 4 orang 200.000 800.000
2 Uang saku Narasumber / Pemateri 4 orang 750.000 3.000.000
3 Konsumsi   4 hari  x 10 10 orang 30.000 1.200.000
4 ATK - - - 500.000
5 Foto Copy Bahan 10 set 55.000 550.000
6. Koneksi Internet  ( Membuat Email ) 3 Voucer 100.000 300.000
B. Kegiatan reguler
1 Transport Guru Pemandu ( MT )/ Pemateri 1 orang 70.000 490.000
2 Transport peserta dalam kegiatan Reguler 7 x Pertemuan 10 orang 100.000 7.000.000
3 Uang saku Guru Pemandu 1 orang 100.000 7 00.000
4 Konsumsi Narasumber 7 x pertemuan 1 orang 50.000 350.000
5 Konsumsi peserta dalam kegiatan Reguler 7 x Pertemuan 10 orang 40.000 2.800.000
6 Fotocopy Bahan 7 kali 40.000 280.000
7. ATK - - - 980.000
c. Penyetoran  Ke Panitia  Keg. Pembekalan / Penyerahan Peralatan ICT Bagi KKG / MGMP Prov. Maluku di LPMP Prov. Maluku 1 kuintasi - 750.000
d. Kelengkapan Kesektariatan 1 set 1.000.000 1.000.000
JUMLAH 20.000.000,-
( DUA PULUH JUTA RUPIAH  RUPIAH )
Karang Jaya, 30 Desember 2009
Ketua MGMP SMP/MTs Bahasa Inggris Kec. Namlea,
Syamsuddin, S. Pd.
NIP. 19772308 200312 1005


D. Permasalahan

Dalam pelaksanaan MGMP Bahasa Inggris  ditemukan bebarapa masalah sebagai berikut:

  1. Masih kurangnya kesadaran berorganisasi pada sebagian pengurus dan anggota MGMP
  2. Sebelum Diklat Masih banyaknya anggota MGMP yang belum dapat mengoperasikan computer.
  3. Bahan-bahan yang harus dimiliki peserta sangat banyak sehingga memerlukan biaya penggandaan yang tidak sedikit
  4. Masih terbatasnya fasilitas Laptop yag dimiliki oleh MGMP yakni baru memiliki 3 buah Laptop sehingga memperlambat waktu pendampingan pelatihan computer.
  5. Terbatasnya Modem untuk koneksi internet sehingga sebagian anggota harus menunggu lama untuk mendapat giliran menggunakan modem tersebut.
  6. Belum ada sinergi antara kegiatan MGMP, MKKS dan MKPS karena waktu pelaksanaan program cenderung berbeda.
  7. Belum ada Koordinator kegiatan lintas MGMP tingkat Kabupaten sehingga pelaksanaan kegiatan kurang sinergis dengan kegiatan MGMP kecamatan lainya dalam satu Kabupaten.
  1. E. Upaya Pemecahan Masalah

Masalah-masalah yang ada di upayakan pemecahannya melalui hal-hal berikut ini :

  1. Sosialisasi tentang manfaat berorganisasi dalam forum MGMP sebagai media silaturahmi, sharing pengalaman dan peningkatan profesionalisme Didaktik guru.
  2. Diklat ICT yang melibatkan seluruh pengurus Inti dan anggota MGMP serta pengimbasan kepada guru- guru di sekolah asal peserta oleh peserta yang sudah mengkuti pelatihan participant teacher.
  3. Pengadaan bahan dilakukan dengan membuat CD modulICT, modul suplemen, dan bahan-bahan lain yang relevan, serta memfotocopy materi yang diperlukan saat kegiatan.
  4. Kerjasama Lintas MGMP dan KKG Kec. Namlea untuk peminjaman Laptop MGMP/KKG pada saat ada pelaksanaan program kegiatan masing – masing MGMP/ KKG  Kec. Namlea.
  5. Belum ada pemecahan.
  6. Pada setiap kegiatan pengurus MGMP selalu mengirim surat pemberitahuan atau undangan pada MKKS dan MKPS seperti untuk kegiatan in-servis.
  7. Melakukan Koordinasi lintas pegurus  MGMP/ KKG untuk pelaksanakan kegiatan sehingga program kerja masing – masing MGMP dan KKG berjalan dengan sinergis dan dapat sharing pengalaman  hasil pelaksanaan kegiatan.

BAB III

HASIL PELAKSANAAN KEGIATAN

Hasil-hasil kegiatan MGMP Bahasa Inggris  dideskripsikan sebagai berikut :

No. Jenis Kegiatan Hasil Yang Diperoleh
A Kegiatan in-servis
1 Kebijakan Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Kab. Buru Pemahaman peserta tentang kebijakan Dinas P Dan K Kab. Buru
2 Kecakapan Abad ke – 21 Pemahaman peserta tentang model pembelajaran Tradisional dan model pembelajaran Modern yakni model / pendekatan SCL ( Student Centered Learning )
3 Dasar – Dasar Komputer Pemahaman peserta tentang prosedur pengoperasian dasar computer serta pemeliharananya.
4 Aplikasi Pengolah Kata Peserta dapat menggunakan aplikasi Microsoft word untuk menulis, mengedit tulisan yang mereka buat sendiri berdasarkan tugas- tugas yang diberikan Oleh MT ( Master Teacher )
5 Aplikasi Pengolah angka Peserta dapat menggunakan aplikasi Microsoft Excel  untuk membuat daftar nilai, denah kelas yang mereka buat sendiri berdasarkan tugas- tugas yang diberikan Oleh MT ( Master Teacher )
6 Aplikasi Multimedia ( Power Point ) Peserta dapat membuat bahan ajar/ materi ajar dengan menggunakan aplikasi power point
7 Internet Pengetahuan peserta internet an manfaatnya dalam KBM
8 Browsing Internet Guru peserta mampu mencari data dari internet
9 Membuat E-mail  Di Yahoo Peserta dapat membuat e-mail dan bergabung di milis getting started course
10 Peer – Coaching Peserta  dapat saling membantu menyelesaikan masalah pemahaman tentang ICT /TIK
B Kegiatan Reguler
1 Rapat Pengurus Sosialisasi Program  Pemberdayaan MGMP Bahasa Inggris Pemahaman serta visi dan misi yang sama antara pengurus dan anggota MGMP untuk membedayakan MGMP Bahasa Inggris.
2 Rapat Konsolidasi Pengurus MGMP / KKG Kab. Buru Pemahaman serta visi dan misi yang sama antara pengurus dan MGMP / KKG untuk memberdayakan MGMP / KKG di Kabupaten Buru.
3

Pembuatan Draft program Kerja

Adanya Program Kerja MGMP bahasa Inggris Untuk tahun Pelajaran 2009 / 2010
4 Penyelarasan RPP Dan Silabus Bahasa Inggris SMP Adanya RPP dan Silabus yang selalu up to dated
5 Pengimbasan hasil Diklat ICT kepada Anggota MGMP Anggota terampil  mengoperasikan computer
Pemanfaatan Perangkat ICT kepada anggota secara periodik Anggota turut merasakan dan menggunakan Fasilitas Laptop secara adil
Refleksi dan tindak lanjut Program Kerja MGMP Evaluasi Kinerja pengurus dan program kerja MGMP oleh Ketua MGMP
Penyusunan Laporan Adanya Laporan kegiatan dan pertanggungjawaban penggunaan Dana yang terukur dan akuntabel.

BAB IV

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

    1. KESIMPULAN

Laporan ini disusun sebagai gambaran pelaksanaan dan penggunaan Dana Block Grant daerah terpencil  dari kegiatan MGMP Bahasa Inggris SMP/ MTs daerah terpencil. Dan merupakan wujud realisasi dari program kerja MGMP Bahasa Inggris Kec. Namlea Kab. Buru yang digulirkan oleh pemerintah. Dimana diharapkan dari kegiatan ini akan membantu guru-guru Bahasa Inggris untuk dapat meningkatkan kualifikasi dan kompetensi guru. Wadah profesional guru yang dimaksud berupa musyawarah guru mata pelajaran (MGMP). MGMP ini diharapkan dapat menjadi wahana bagi pengembang profesionalisme guru yang bermutu, mandiri dan berkelanjutan, serta aktivitasnya lebih terarah.

    1. REKOMENDASI

Laporan ini juga sebagai acuan bagi para pengurus MGMP untuk melaksanakan kegiatan kedepannya secara terarah dan berkesinambungan, dan juga bagi pengambil kebijakan untuk dapat melihat betapa pentingnya kegiatan ini dalam membantu para guru untuk dapat menyelesaikan permasalahan studi maupun dalam kegiatan pembelajaran di kelasnya. Dan diharapkan pembiayaan diperoleh dari Dana Block grant oleh Pemerintah Pusat melalui kegiatan Pemberdayaan dan Revitalisasi MGMP dapat diberikan kepada kegiatan MGMP Bahasa Inggris Kec. Namlea kabupaten Buru, untuk nantinya dapat melaksanakan kegiatan sesuai dengan rencana yang telah tertuang dalam Rencana Anggaran MGMP Bahasa Inggris  ini. Selain itu juga diharapkan dana pendampingan (sharring) dari Pemerintah Daerah Kabupaten Buru juga  agar kegiatan ini semakin maksimal pelaksanaannya.

Demikian laporan ini dibuat, dan besar harapan kami, pengurus MGMP Bahasa Inggris Kec. Namlea Kabupaten Buru, untuk tetap dapat memperoleh Dana Block Grant tersebut agar pelaksanaan MGMP ini dapat terlaksana secara maksimal dan dapat mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi para guru. Dan atas diterimanya laporan ini kami ucapkan terima kasih.





About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: